Bantuan Tahap Kedua, Harita Nickel Kembali Salurkan APD dan Alkes

Perusahaan tambang Harita Nickel kembali menyalurkan alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan (alkes) lainnya kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Selatan guna mendukung upaya penanganan warga terpapar COVID-19.

Kali ini, APD yang diserahkan itu akan disalurkan di Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) dan lebih khusus tenaga medis di Desa Kawasi melalui Gugus Tugas (gustus) masing-masing. Sedangkan untuk Provinsi  telah diserahkan di Posko Covid-19 di Hotel Sahid Bela Ternate 

“Bantuan itu dalam menyikapi perkembangan terkini pandemi COVID-19 di Malut yang belakangan makin meningkat, sehingga APD dan alkes yang digunakan untuk mencegah dan melawan COVID -19 diserahkan melalui masing-masing Gugus Tugas Percepatan Penanganan Siaga Darurat Bencana Non Alam COVID-19, untuk Malut diserahkan di Hotel Sahid Bela Ternate,” kata Corporate Communication Harita Nickel Anie Rahmi melalui siaran pers yang diterima Antara di Ternate, Jumat.

Seperti bantuan yang diberikan sebelumnya, Harita Nickel menyerahkan APD berupa goggles (kacamata), hazmat suit (pakaian pelindung diri), cairan pembersih tangan, dan masker. Harita juga memberikan peralatan kesehatan berupa paket peralatan tes cepat dan thermogun (alat pengukur suhu tubuh).

“Harita kembali mendukung pemerintah melalui Gugus Tugas COVID-19 dengan menyalurkan APD dan alkes yang sangat dibutuhkan dalam menangani penyebaran Covid-19 apalagi melihat penambahan jumlah kasus positif COVID-19 yang signifikan,” katanya.

Dia menyatakan hal itu komitmen pihaknya sebagai bagian dari masyarakat Malut untuk ikut serta mendukung pemerintah dalam menghadapi pandemi.

Anie mengungkapkan kepada Pemerintah Provinsi Malut diberikan 200 paket alat tes cepat, 90 alat pengukur suhu tubuh, 80 pakaian hazmat, 30 kacamata, 18 ribu masker, dan 100 botol cairan pembersih tangan.

Kepala Pemerintah Kabupaten Halsel, Harita menyerahkan 100 paket alat tes cepat, 50 alat pengukur suhu tubuh, 30 pakaian hazmat, 30 kacamata, dan 15 ribuan masker, serta cairan pembersih tangan.

“Pada kesempatan ini, kami juga mendistribusikan ke Tim Gugus Tugas Kota Ternate berupa 100 paket alat tes cepat, 50 alat pengukur suhu tubuh, 25 pakaian hazmat, 25 kacamata, 10.000 masker, serta 150 botol ‘sanitizer’ (cairan pembersih tangan) ukuran 500 ml. Semoga Maluku Utara segera terbebas dari pandemi COVID-19 dan masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa kembali. Mari kita dukung Pemerintah dalam upaya bersama ini,” ujar dia.

Saat menerima dukungan APD dan alkes dari Harita, Koordinator Bidang Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Ternate Bahtiar Teng mengucapkan apresiasi terhadap Harita.

“Kami menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada Harita yang telah membantu kami. Bantuan berupa APD ini sangat kami butuhkan. Terutama, ada alat ‘rapid test’ (tes cepat) yang kebetulan stoknya sekarang lagi kosong,” ujarnya.

Apresiasi juga diucapkan oleh Ali Yau, selaku Koordinator Kesekretariatan Tim Gugus Tugas Covid-19 Maluku Utara.

“Bantuan yang kedua ini membuktikan bahwa Harita Group selalu menyertai kami. Itulah yang kami harapkan karena pemerintah tidak bisa melakukan penanggulangan COVID-19 ini sendirian. Sekali lagi, kami berterima kasih atas pemberian bantuan ini,” katanya.

Secara terpisah, Harita Nickel juga telah menyerahkan masker bagi masyarakat Desa Kawasi, Obi, serta kacamata, sepatu bot, sarung tangan lateks, dan baju hazmat bagi petugas kesehatan Desa Kawasi melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Siaga Darurat Bencana Non Alam COVID-19 Desa Kawasi.

“Semoga kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, termasuk perusahaan di dalamnya, dapat mencegah pandemi semakin meluas dan Maluku Utara segera terbebas dari COVID-19,” katanya.

Sumber: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published.