Indodialektika News

Info Terpercaya Berita Terhangat

Peringati HUT TNI, Tim Gowes Tobelo Ikut Iven Tour de Halmahera Jailolo-Sofifi

Meramaikan perayaan HUT ke-76 TNI, tim gowes Tobelo yang terdiri dari MBC, SCC, dan grup Onta, ikut menjajal kegiatan bersepeda yang dikemas dalam tema “Tour de Halmahera” etape Jailolo-Sofifi, Minggu (10/10).

Iven tersebut diprakarsai Korem 152/Baabullah. Sebagaimana keterangan tertulis Penerangan Korem (Penrem) yang diterima Harian Halmahera, fun bike rute Jailolo-Sofifi diikuti 97 pegowes nasional dan lokal Maluku Utara, termasuk di dalamnya Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito serta diikuti oleh sejumlah komunitas sepeda baik dari wilayah Ternate, Halbar dan Halut.

Kegiatan fun bike mengambil titik start dari Mako Yonif RK 732/Banau selanjutnya bergerak menuju ke Utara menempuh rute bervariasi yang didominasi tanjakan dan turunan terjal dengan elevasi diatas 40 derajat. Namun dengan kesiapan tim pendukung, sehingga kegiatan berjalan aman dan lancar.

Sepanjang perjalanan para pegowes terlihat bersusah payah menaklukan beberapa tanjakan legendaris, di antaranya tanjakan gunung manyasal yang memiliki elevasi 35 derajat sepanjang 2 Km, selanjutnya tanjakan ‘panta kapal’ dengan elevasi 40 derajat sepanjang 500 m, bahkan ada beberapa pesepeda yang harus menyerah dan turun menuntun sepedanya hingga puncak tanjakan.

Perjalanan yang hampir memakan waktu 6 jam dengan 2 kali pitstop, antara lain di Polsek Jailolo Selatan dan SMAN 5 Halbar. Sekira pukul 13.00 WIT para peserta berhasil menyentuh garis finish di Kisus Yonif RK 732/Banau.

Menariknya, dalam kegiatan tersebut peserta turut menyempatkan diri untuk memberikan bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu. Selain itu, saat finish peserta juga diberikan doorprize dengan hadiah utama 1 unit kendaraan sepeda motor.

“Kegiatan ini dalam rangka HUT ke-76 TNI serta guna membumikan kegiatan bersepeda sebagai olahraga yang murah dan dapat dilakukan siapapun yang bermanfaat meningkatkan imun tubuh dan kesehatan. Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi sesama pecinta olahraga sepeda dari seluruh Maluku Utara,” kata Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito.

Sumber: Harian Halmahera

Leave a Reply

Your email address will not be published.