Cegah Abrasi di Bibir Pantai Basarnas Ternate Tanam 1050 Pohon Mangrove

Sebanyak 1050 pohon mangrove ditanam di pesisir pantai Kelurahan Gambesi, Kota Ternate, Maluku Utara, Jumat (04/02/2022). Penanaman anakan pohon mangrove ini, bertujuan untuk mencegah terjadinya abrasi dan menghambat ombak di bibir pantai. Kepala Basarnas Ternate, M Arafah, mengatakan dalam rangka memperingati HUT ke 50, Basarnas Emas, dilaksanakan kegiatan sosial untuk seluruh Kantor SAR se Indonesia.

“Dengan menanam 1050 anakan pohon mangrove di Pantai Kelurahan Gambesi, dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, kemudian memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat ekosistem laut,” kata Arafah.

Penanaman pohon oleh Basaranas Ternate ini yang sekaligus dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) emas ke 50 basarnas secara serentak di Indonesia, dihadiri langsung Walikota Ternate, M Tauhid Soleman, perwakilan dari TNI/Polri serta intansi lainnya.

Setelah penanaman, pihak basarnas akan melakukan koordinasi dengan pemiliki lahan, guna intens melakukan pemantauan dan perawatan yang lebih lanjut.

“Jadi kami sudah komunikasi dengan pemilik lahan, kami akan rutin melaksanakan perawatan dan pemantauan perkembangan bibit anakan mangrove ini,” katanya.

Sumber: CNN

Leave a Reply

Your email address will not be published.