Pemprov Malut Jadikan Sail Tidore dan STQ Program Prioritas 2021

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) menjadikan Sail Tidore dan pelaksanaan STQ tingkat nasional yang dipusatkan di Kota Sofifi menjadi program prioritas pada 2021.

“Untuk tahun 2021, khusus untuk belanja modal, belanja pembangunan infrastruktur masih menjadi skala prioritas, terutama infrastruktur di ibu kota Sofifi, termasuk penuntasan infrastruktur pendukung STQ dan rencana Sail Tidore,” kata Gubenur Malut, Abdul Gani Kasuba di Sofifi, Selasa.

Selain itu, kata orang nomor satu di Pemprov Malut ini, penanganan, pemulihan dan pencegahan dampak Pandemi COVID-19, serta pengembangan SDM di Malut juga terus menjadi fokus perhatian.

Bahkan, pada umumnya kebijakan belanja APBD 2021 untuk membiayai program-program prioritas yang akan dilaksanakan oleh masing-masing perangkat daerah sebagai bentuk tindak lanjut dari upaya mewujudkan visi Malut sejahtra dan lima misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

Olehnya itu, dirinya mengharapkan dukungan dan kerjasama dari Pimpinan dan seluruh anggota DPRD, dimana dokumen Rancangan KUA-PPAS tahun 2021 yang telah diserahkan agar dapat dikaji, dibahas, dan disepakati untuk selanjutnya dapat dijadikan dokumen dan acuan bersama, dalam penyusunan Rancangan APBD Tahun 2021.

Sebelumnya, Gubernur juga menyampaikan dukungan Sail Tidore dan pelaksanaan STQ tingkat nasional di Sofifi sebagai program prioritas dan disampaikan saat menyampaikan pidato pengantarnya pada rapat paripurna di ruang sidang paripurna Kantor DPRD Sofifi. Dengan agenda penyerahan dokumen rancangan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2021.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, menyelenggarakan Focus Group Discusion (FGD) dalam rangka mempersiapkan program Sail Tidore 2021 yang dirangkaikan dengan peringatan 500 tahun ekspedisi Magelhaens Elcano.

Wali Kota Tidore Kepulauan, H Ali Ibrahim dihubungi sebelumnya mengatakan, peringatan 500 tahun ekspedisi Magelhaens Elcano memiliki arti penting dan strategis bagi bangsa Indonesia, terutama Provinsi Maluku Utara, khususnva bagi pemerintah dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan sebagai salah satu tuan rumah dalam kegiatan ini.

Wali kota meminta agar berbagai pihak dapat memberikan perhatian penuh, pikiran, gagasan dan membangun kesepahaman dalam mendukung pemerintah daerah dan masyarakat Kota Tidore Kepulauan untuk menyiapkan sarana dan parasarana termasuk anggaran dari Pemerintah Pusat serta kementerian/lembaga terkait.

Sumber: Kabar Timur News

Leave a Reply

Your email address will not be published.