800 Warga Halmahera Selatan Jalani Rapid Test Gratis

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, mencatat adanya 800 warga yang telah mengikuti rapid test gratis yang digelar Gugus Tugas. Dari jumlah tersebut, 35 orang di antaranya reaktif dan 765 sisanya nonreaktif. 

Sekretaris Gugus Tugas Halsel, Daud Djubedi, mengatakan hasil tes cepat itu dirangkum dari semua puskesmas di Halsel. Bagi warga yang baru tiba dari daerah zona merah wajib mengikuti rapid test. 

“Untuk memutuskan mata rantai penularan COVID-19, maka warga Halsel yang baru tiba dari luar daerah akan menjalani sejumlah pemeriksaan, termasuk pemeriksaan rapid test,” jelas Daud.

Daud menambahkan, pemeriksaan rapid test bagi warga Halsel yang baru tiba dilakukan secara gratis. Sedangkan bagi warga yang ber-KTP luar Halsel wajib melengkapi diri dengan hasil rapid test sendiri. 

“Karena mereka tidak menjadi tanggungan Pemda Halsel dalam hal rapid test. Pelayanan rapid test gratis hanya untuk warga Halsel,” terangnya. 

Daud bilang, warga luar Halsel yang tak melengkapi diri dengan hasil rapid test langsung dipulangkan ke daerah asalnya setibanya di Halsel.

Sumber: Kumparan

Leave a Reply

Your email address will not be published.