P2L Poktan Talaga Maloha Terbaik di Malut

Spread the love

Hasil tidak akan menghianati proses. Itulah yang dibuktikan kelompok tani (poktan) Talaga Maloha Desa Togawa Besi Kecamatan Galela Barat. Kerja keras mereka dalam program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) berbuah prestasi.

Oleh Dinas Ketahanan Pangan (Dispan) Provinsi Maluku Utara, Poktan ini terpilih sebagai Poktan terbaik di Malut lewat panen raya Kamis (24/9). Mereka menyisihkan Poktan dari Kota Ternate dan Halmaera Selatan (Halsel).

”Dari sejumlah kelompok tani yang ada di kabupaten/kota di Malut, ternyata sesuai penilai yaitu kelompok P2L terbaik ke satu adalah Talaga Maloha Desa Togasa Besi, kemudian Ternate terbaik II dan Halsel terbaik III,” ucap Kadis Ketahanan Pangan Malut, Sri Hatari.

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari peringatan hari tani nasional ini kata Sri, sebenarnya terfocus pada bagaimana pemanfaatan pangan lestari di tengah pandemik covid-19. “Harapan kami agar apa yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi petani untuk mencukupi hidup di masa pandemic. Kemudian menjadi satu solusi terbaik dalam pengembangan pangan local,”ujarnya.

Sementara Koordinator Poktan Talaga Maloha, M. Rifai Sadoki menambahkan kegiatan P2L ini mendapat dukungan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Malut dan Pemda Halut. ”kami tentu berharap perhatian seperti terus berkelanjutan agar Galela dapat dijadikan lumbung tanaman hortikultura,”harapnya.

Sumber: Harian Halmahera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *